SEJARAH KATA “INDONESIA”

Senin, 28 Juni 2010


SEJARAH KATA “INDONESIA”
Sambil melepas lelah setelah bertempur dengan soal ujian tadi pagi saya blog walking ke blognya mas Andreas Harsono, blog ini menjadi favorit saya karena isinya yang lugas menguak beberapa sejarah dari perjalannya mas Andreas.
Ketertarikan saya bermula setelah membaca artikelnya yang berjudul “Sebuah Nama, Sebuah Kuburan”.
Artikel ini membuat saya kagum akan tulisannya, saya baru sadar pengetahuan saya sempit sekali, setelah membaca tulisan beliau saya baru mengetahui fakta bahwa kata “INDONESIA” bukan diciptakan orang Indonesia, tetapi Kata "INDONESIA" pertama kali dibuat pada 1850, oleh orang yang bukan orang Indonesia, menurut mas Andreas pada awalnya kata Indonesia berbentuk "Indu-nesians" yang berasal dari kata "Indu" atau "Hindu" dengan kata "nesos" atau "pulau" dari bahasa Yunani oleh George Samuel Windsor Earl dalam bukunya Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia. Earl sedang mencari-cari terminologi etnografis untuk menerangkan "... that branch of the Polynesian race inhabiting the Indian Archipelago" atau "the brown races of the Indian Archipelago." Tetapi kemudian Earl menawarkan lagi terminology "Malayunesians." Kemudian menurut mas Andreas James Logan menanggapi usul George Earl soal "Indunesians." Logan berpendapat "Indonesian" merupakan kata yang lebih menjelaskan dan lebih tepat daripada kata "Malayunesians," terutama untuk pemahaman geografi, daripada secara etnografi."I prefer the purely geographical term Indonesia, which is merely a shorter synonym for the Indian islands or the Indian Archipelago. We thus get Indonesian for Indian Archipelagian or Archipelagic, and Indonesians for Indian Archipelagians or Indian Islanders."

Berarti kalau seperti itu orang yang mengucapkan atau memakai kata Indonesia itu adalah Logan dong?...
Terima kasih mas Andreas, saya jadi lebih banya tahu.
Keasyikan blog walking nanti malah lupa sama ujian keesokan harinya, bias gawat tuch. Hahahaha…Jangan sampai dech..ini namanya menyelam sambil minum air parit (kalau menyelamnya di parit sich)…hehehehe, sambil online cari artikel buat belajar ujian besok, sambil blog walking juga, wow…makin penuh nich otak, mesti nambah 3 tera byte lagi nich kapasitasnya…..just kidding…

Bookmark and Share

4 Coments:

Unknown mengatakan...

hi..visiting back..=)

Unknown mengatakan...

informative and educative articles..nice

yudho.saja mengatakan...

sudah pernah bbrpkali membaca materi ini.. tp tetep suka.

*makasih dah berkunjung bang...

natalius mengatakan...

HALLO YUDHO, makasih udah berkomentar di blog saya, blog kamu bagus juga kog, saya lagi kehilangan ide menulis nich..jadi postingan gak up 2 date..

LINK EXCHANGE

Create your own banner at mybannermaker.com!
Silahkan copy script ini!!

FOLLOWERS

 
NATALIUZONE © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions