JEMBATAN TAYAN,TELAN DANA Rp.500 MILYAR

Minggu, 24 Mei 2009

PONTIANAK--Jembatan Tayan mulai masuk tahap pembangunan tahun ini. Jembatan terpanjang di Kalimantan itu dengan bentengan 1.354 meter diperkirakan menelan dana Rp500 miliar.Kemarin (7/4) pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum melakukan ekspos pembangunan jembatan di aula Dinas Pekerjaan Umum Kalbar. Eskpos dihadiri Gubernur Kalbar Corenelis dan jajarannya; Kepala Dinas PU Kalbar Jakius Sinyor dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalbar Fathan A Rasyid.

Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pembiayaan pembangunan jembatan Tayan sudah masuk dalam perencanaan (buku biru) Bappenas dan Departemen Keuangan.”Ini proyek besar sehingga diusahakan untuk mendapatkan pinjaman luar negeri. Beberapa diantaranya sudah ada yang menawarkan bantuan,” katanya.Menurutnya, pembangunan jembatan yang terdiri dari dua bagian dan melewati Pulau Tayan ini diperkirakan rampung paling lama tiga tahun.Pemerintah sendiri telah menyiapkan dana awal sebesar Rp5 miliar di APBN 2009. Dana tersebut dipersiapkan untuk membuka akses dan persiapan jalan penunjang menuju jembatan Tayan.

Jembatan Tayan terletak di Kecamatan Tayan Hilir yang menghubungkan Kota Tayan dengan Piasak, Kabupaten Sanggau. Jembatan ini melintasi Sungai Kapuas melalui Pulau Tayan yang mempunyai luas 58,3 Ha dan dihuni 2.181 penduduk.Jembatan Tayan yang akan dibangun nanti terletak di 112 km dari Kota Pontianak, pada ruas jalan poros/lintas Selatan Kalimantan yang menghubungkan Kalbar dengan Kalteng.Menurut Danis, pembangunan jembatan ini akan menjadikan lintas selatan Kalimantan berfungsi secara optimal dalam melayani kinerja transportasi darat. Saat sekarang, lalu lintas kendaraan dilayani kapal ferry yang dioperasikan oleh PT ASDP. Jembatan yang akan dibangun nanti terdiri dari dua bagian dengan total keseluruhan 1.354 meter dan lebar jembatan 11,5 meter (2 jalur, 2 lajur).Jembatan pertama dari akses utara Tayan menuju pulau mempunyai panjang 280 meter. Sementara jembatan kedua, yang juga jembatan utama, dari pulau Tayan menuju ke Piasak sepanjang 1.074 m. Proyek tersebut juga termasuk membuka jalan di pulau dengan panjang 318 meter.

Di jembatan utama terdapat bentangan jembatan sepanjang 75m-200m-75m (350 m) yang direncanakan untuk mengakomodasi navigasi lalu lintas kapal pada alur utama dengan lebar jalur lebih besar tiga kali panjang kapal (rencana 65 meter).Saat ini pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama pemerintah Kabupaten Sanggau berkoordinasi untuk membebaskan lahan untuk pembangunan jembatan itu. Jakius Sinyor, kepala Dinas PU Kalbar memperkirakan lahan milik warga yang akan dibebaskan nanti seluas 23 hektar. ”Pembebasan lahan ini merupakan tanggung jawab daerah. Apakah sharing kabupaten dan provinsi, akan dibicarakan nanti teknisnya,” kata dia.Sementara itu Gubernur Kalbar mengatakan dengan dibangunnya pulau itu nanti akan menggerakkan potensi sektor perdagangan dan pariwisata di pulau yang mempunyai lebar 10-425 meter ini.

”Kalau sudah jadi, perkembangan perekonomiannya luar biasa. Hutan Tanaman Industri yang dimiliki sudah panen, pertambangan bauksit dan bijih besi sudah eksis, penjualan CPO lancar, dan jembatan ini menjadi penunjangnya,” kata dia.Cornelis meminta agar pengerjaan pembangunan jembatan ini benar-benar dilaksanakan sesuai prosedural. Dia tidak menginginkan ambruknya jembatan Kapuas di Kalteng sebelum diresmikan juga terjadi dalam pengerjaan di Tayan.”Konsultan pengerjaannya juga harus bertanggung jawab penuh terhadap proyek ini. Secara teknis jembatan harus dirancang minimal mampu bertahan selama 150 tahun,” katanya.Mengenai sumber pendanaan yang akan membiayai pembangunan, Pemprov Kalbar juga menerima tawaran dari negara-negara asing. ”Kemarin Belanda juga menawarkan pinjaman, tapi syaratnya mereka sendiri yang membangun jembatan itu. Mudah-mudahan tahun 2013, sebelum periode saya berakhir, jembatan ini sudah jadi,” katanya.(zan)
Pontianak Post,
Rabu, 08 April 2009 , 07:13:00

0 Coments:

LINK EXCHANGE

Create your own banner at mybannermaker.com!
Silahkan copy script ini!!

FOLLOWERS

 
NATALIUZONE © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting , Forum Jual Beli and Business Solutions