Dalam pembelajaran terdapat beberapa pendekatan dan metode yang digunakan oleh seorang pengajar atau guru untuk dapat menyampaikan apa yang ingin diajarkan...
berikut beberapa kutipan tentang pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran.. :
A. PENDEKATAN
1. Pendekatan Konsep
Pada pendekatan model ini siswa dibimbing memahami suatu bahasan dengan memahami konsep-konsep yang terkandung didalamnya. Dalam proses pembelajaran tersebut penguasaan konsep dan subkonsep yang menjadi sasaran utama pembelajaran. Pendekatan ini kurang memperhatikan aspek student centre. Guru terlalu dominan dan siswa membimbing untuk memahami konsep.
2. Pendekatan Lingkungan
Penggunaan pendekatan lingkungan berarti mengaitkan lingkungan dalam suatu proses belajar mengajar. Lingkungan digunakan sebagai sumber belajar. Untuk memahami materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sering digunakan pendekatan lingkungan.
3. Pendekatan Inkuiri
Melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik, yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli penelitian (Dettrick, G.W. 2001). Dalam pendekatan inkuiri berarti guru merencanakan situasi sedemikian rupa sehingga siswa didorong untuk menggunakan prosedur yang digunakan para ahli penelitian untuk mengenal masalah, mengajukan pertanyaan, mengemukakan langkah-langkah penelitian, memberikan pemaparan yang ajeg, membuat ramalan, dan penjelasan yang menunjang pengalaman.
4. Pendekatan Proses
Pada pendekatan proses, tujuan utama pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses atau langkah-langkah ilmiah seperti melakukan pengamatan, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.
5. Pendekatan Interaktif
Dikenal juga sebagai pendekatan pertanyaan anak, memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan untuk kemudian melakukan penyelidikan yang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka ajukan.
6. Pendekatan Pemecahan Masalah
Pendekatan pemecahan masalah berangkat dari masalah yang harus dipecahkan melalui praktikum atau pengamatan. Dalam pendekatan pemecahan masalah ini ada dua versi. Versi yang pertama siswa dapat saja menerima saran tentang prosedur yang digunakan, cara mengumpulkan data, menyusun data, dan menyusun serangkaian pertanyaan yang mengarah ke pemecahan masalah. Dalam versi kedua, hanya masalah yang dimunculkan, siswa yang merancang pemecahannya sendiri. Guru berperan hanya dalam menyediakan bahan dan membantu memberi pentunjuk.
7. Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM)
Dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat telah dikembangkan bahan kajian pengajaran sains dalam bentuk Sains, Teknologi, dan Masyarakat (S-T-M) (Depdikbud, 1992). STM ini merupakan peng-Indonesiaan dari Science, Technlogy and Society. Dalam pengajaran sains siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep sains, tetapi juga diperkenalkan pada aspek teknologi, dan bagaimana teknologi itu berperan di masyarakat (Depdikbud, 1992).
8. Pendekatan Terpadu (Integrated Approach)
Pendekatan ini merupakan pendekatan yang intinya memadukan dua unsure atau lebih dalam suatu kegiatan pembelajaran. Unsure pembelajaran yang dipadukan dapat berupa konsep dengan proses, konsep dari satu mata pelajaran dengan konsep mata pelajaran lain, atau dapat juga berupa penggabungan suatu metode dengan metode lain.
B. METODE
1. Metode Ceramah
Metode ceramah adalah metode penyampaian bahan pelajaran secara lisan. Metode ini banyak dipilih guru karena mudah dilaksanakan dan tidak membutuhkan alat bantu khusus serta tidak perlu merancang kegiatan siswa.
2. Metode Tanya Jawab
Dalam tanya jawab, pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan sudah direncanakan sebelumnya. Perencanaan pertanyaan dapat berdasarkan pada konsep yang ingin diperoleh atau dipahami siswa.
3. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara pembelajaran dengan memunculkan masalah. Metode diskusi ini sering dipertukarkan dalam penggunaannya dengan metode tanya jawab. Dalam diskusi dapat saja muncul pertanyaan, tetapi pertanyaan tersebut tidak direncanakan terlebih dahulu. Dalam diskusi terjadi menukar gagasan atau pendapat untuk memperoleh kesamaan pendapat.
4. Metode Kooperatif
Pada belajar kooperatif ini siswa berada dalam kelompok kecil dengan anggota sebanyak 4-5 orang. Dalam belajar secara kooperatif ini terjadi interaksi antara anggota kelompok. Semua anggota harus turut terlibat karena keberhasilan kelompok di tunjang oleh aktivitas anggotanya, sehingga anggota kelompok saling membantu. Metode ini sering digunakan dalam kegiatan praktikum dan diskusi.
5. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memeragakan suatu proses kejadian. Peragaan suatu proses dapat dilakukan oleh guru sendiri atau dibantu beberapa siswa, dapat pula dilakukan oleh sekelompok siswa. Metode ini dapat membantu pelajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkrit, sehingga diharapkan siswa menjadi lebih mudah memahami.
6. Metode Karyawisata/Widyawisata
Metode karyawisata/widyawisata adalah cara penyajian dengan membawa siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas. Widyawisata ini suatu kunjungan yang direncanakan kepada suatu objek tertentu untuk dipelajari atau untuk memperoleh informasi yang diperlukan.
Karyawisata dapat dilakukan di sekitar sekolah atau ditempat lain. Kegiatan belajar di luar kelas ini mungkin dipimpin oleh guru sendiri, atau oleh pembimbing lain seperti petugas lapangan di kebun raya, museum, dan sebagainya.
7. Metode Penugasan
Pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan berarti guru memberi tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Tugas yang diberikan guru dapat berupa masalah yang harus dipecahkan dan prosedurnya tidak diberitahukan. Metode penugasan ini dapat mengembangkan kemandirian siswa, merangsang untuk belajar lebih banyak, membina disiplin dan tanggung jawab siswa, dan membina kebiasaan mencari dan mengolah sendiri informasi. Kekurangan metode ini terletak pada sulitnya mengawasi mengenai kemungkinan siswa tidak bekerja secara mandiri.
8. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dengan menggunakan percobaan. Dengan melakukan eksperimen berarti siswa melakukan kegiatan yang mencakup pengendalian variabel, pengamatan, melibatkan membanding atau kontrol, dan penggunaan alat-alat praktikum. Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri.
9. Metode Bermain Peran
Pembelajaran dengan metode bermain peran adalah pembelajaran dengan cara seolah-olah berada dalam suatu situasi untuk memperoleh suatu pemahaman tentang suatu konsep.
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Nats
●
Jumat, 23 Oktober 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
FOLLOWERS
Blog Archive
-
►
2011
(1)
- ► April 2011 (1)
-
►
2010
(78)
- ► November 2010 (2)
- ► Oktober 2010 (2)
- ► September 2010 (26)
- ► Agustus 2010 (13)
- ► Maret 2010 (1)
- ► Februari 2010 (4)
- ► Januari 2010 (7)
-
▼
2009
(33)
- ► Desember 2009 (8)
- ► November 2009 (1)
- ► September 2009 (10)
- ► Agustus 2009 (4)
- ► April 2009 (1)
- ► Maret 2009 (1)
- ► Februari 2009 (2)
-
►
2008
(5)
- ► Desember 2008 (1)
- ► November 2008 (3)
- ► Oktober 2008 (1)
Search this blog
Popular Posts
-
METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, TANYA JAWAB, dan DEMONSTRASI Ketiga metode pembelajaran ini lebih berpusat pada guru. Sanjaya(2006), Sagala(20...
-
Kegiatan Kokurikuler adalah rangkaian kegiatan kesiswaan yang berada dalam sekolah. Kegiatan kokurikuler selain sebagai penunjang kegiatan k...
-
I. Pengertian dan Jenis-jenis Kecerdasan ganda A. Pengertian Kecerdasan Ganda Prof. Robert Ornstein dari universitas California, meneliti ...
-
from :http://www.chievoverona.it/ Organization: Stadium Marc'Antonio Bentegodi Verona stadium Piazzale Olimpia, Verona Total capac...
-
Pengertian Kompetensi Guru Majid (2005:6) menjelaskan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru dalam mengaj...
Blogger templates
|
|
||||||||||||||||||||
|
Blogger news
My Facebook
Label 1
Bro jangan ampe jual apa yang lo milikin kalo gak ada duit, susah buat beli lagi
Label 4
Label 2
Pages
Pages
Random Post
Label 3
My Profile

- Nats
- Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
- Manusia Biasa Yang Selalu Berbuat Salah....dan mencoba untuk terus menimba pengalaman
Popular Posts
-
Kegiatan Kokurikuler adalah rangkaian kegiatan kesiswaan yang berada dalam sekolah. Kegiatan kokurikuler selain sebagai penunjang kegiatan k...
-
Huahahahaha, dalam sehari dua postingan...hehehehe, abis dalam sehari dapat dua award gimana nggak hehehe, special thenks buat MON2 Dan ses...
-
METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, TANYA JAWAB, dan DEMONSTRASI Ketiga metode pembelajaran ini lebih berpusat pada guru. Sanjaya(2006), Sagala(20...
-
Menghitung hari.... Jika teman-teman saya yang beragama muslim tidak sabar lagi buat menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1431 H, saya j...
-
from :http://www.chievoverona.it/ Organization: Stadium Marc'Antonio Bentegodi Verona stadium Piazzale Olimpia, Verona Total capac...
-
Begitu menyaksikan tayangan di televisi akhir-akhir ini saya berpikir sekali lagi, kenapa bisa begitu, dan membaca beberapa portal news be...
-
Surprise yang luar biasa, salut ama teman-teman blogger sekalian, kalian semua emang te-o-pe be-ge-te dech, dalam sehari 3 award, bagi saya ...
-
Pengertian Kompetensi Guru Majid (2005:6) menjelaskan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru dalam mengaj...
-
SEJARAH KATA “INDONESIA” Sambil melepas lelah setelah bertempur dengan soal ujian tadi pagi saya blog walking ke blognya mas Andreas Ha...
-
Lelah... Aku terus mengeluh dengan semua keadaanku... Berbagai masalah, dan berbagai macam rintangan menghadangku dalam kegiatan ataupun akt...
Trending Topic
Popular Posts
-
Kegiatan Kokurikuler adalah rangkaian kegiatan kesiswaan yang berada dalam sekolah. Kegiatan kokurikuler selain sebagai penunjang kegiatan k...
-
Huahahahaha, dalam sehari dua postingan...hehehehe, abis dalam sehari dapat dua award gimana nggak hehehe, special thenks buat MON2 Dan ses...
-
METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, TANYA JAWAB, dan DEMONSTRASI Ketiga metode pembelajaran ini lebih berpusat pada guru. Sanjaya(2006), Sagala(20...
-
Menghitung hari.... Jika teman-teman saya yang beragama muslim tidak sabar lagi buat menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1431 H, saya j...
-
from :http://www.chievoverona.it/ Organization: Stadium Marc'Antonio Bentegodi Verona stadium Piazzale Olimpia, Verona Total capac...
-
Begitu menyaksikan tayangan di televisi akhir-akhir ini saya berpikir sekali lagi, kenapa bisa begitu, dan membaca beberapa portal news be...
-
Surprise yang luar biasa, salut ama teman-teman blogger sekalian, kalian semua emang te-o-pe be-ge-te dech, dalam sehari 3 award, bagi saya ...
-
Pengertian Kompetensi Guru Majid (2005:6) menjelaskan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru dalam mengaj...
-
SEJARAH KATA “INDONESIA” Sambil melepas lelah setelah bertempur dengan soal ujian tadi pagi saya blog walking ke blognya mas Andreas Ha...
-
Lelah... Aku terus mengeluh dengan semua keadaanku... Berbagai masalah, dan berbagai macam rintangan menghadangku dalam kegiatan ataupun akt...
Popular Posts
-
Kegiatan Kokurikuler adalah rangkaian kegiatan kesiswaan yang berada dalam sekolah. Kegiatan kokurikuler selain sebagai penunjang kegiatan k...
-
Huahahahaha, dalam sehari dua postingan...hehehehe, abis dalam sehari dapat dua award gimana nggak hehehe, special thenks buat MON2 Dan ses...
-
METODE PEMBELAJARAN CERAMAH, TANYA JAWAB, dan DEMONSTRASI Ketiga metode pembelajaran ini lebih berpusat pada guru. Sanjaya(2006), Sagala(20...
-
Menghitung hari.... Jika teman-teman saya yang beragama muslim tidak sabar lagi buat menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1431 H, saya j...
-
from :http://www.chievoverona.it/ Organization: Stadium Marc'Antonio Bentegodi Verona stadium Piazzale Olimpia, Verona Total capac...
-
Begitu menyaksikan tayangan di televisi akhir-akhir ini saya berpikir sekali lagi, kenapa bisa begitu, dan membaca beberapa portal news be...
-
Surprise yang luar biasa, salut ama teman-teman blogger sekalian, kalian semua emang te-o-pe be-ge-te dech, dalam sehari 3 award, bagi saya ...
-
Pengertian Kompetensi Guru Majid (2005:6) menjelaskan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru dalam mengaj...
-
SEJARAH KATA “INDONESIA” Sambil melepas lelah setelah bertempur dengan soal ujian tadi pagi saya blog walking ke blognya mas Andreas Ha...
-
Lelah... Aku terus mengeluh dengan semua keadaanku... Berbagai masalah, dan berbagai macam rintangan menghadangku dalam kegiatan ataupun akt...
0 Coments:
Posting Komentar